Mulai berlaku, berhenti menikmati

Dalam kegiatan spiritualitas, saya adalah orang yang cenderung menikmati, bukan berlaku. Seperti misalnya di tengah-tengah hujan yang berdentum dengan atap, saya bisa merasakan adanya kekuatan besar yang bekerja denga rajin, menyajikan petir yang sesekali menyambar serta air yang berkumpul dalam genangan genangan.

Hujan ini mengiringi sebuah salat jumat. Saya cukup menikmati “jumatan” ini, meskipun selalu dihiasi dengan ceramah yang klise (baik topik maupun nada bicaranya) dan gerombolan anak kecil yang berisik. tapi ada bentuk kebersamaan yang unik, ketika puluhan mengucap syukur dengan lantang, membaca rapalan dengan tenang, serta duduk manis mendengar ceramah membosankan. Seperti ada bentuk keprihatinan dalam komunitasnya, dan tidak ada hal yang bisa menunjukkan rasa kebersamaan selain rasa prihatin.

Namun tetap, saya terbiasa diam, mendengarkan dan merasakan kehadiran yang tidak biasa, bukan hal mistis tentunya, tapi sekedar melihat manusia yang mendadak terlihat sangat kecil si tengah-tengah dunia yang terlalu luas. Saya tidak berlaku seperti mereka, saya tidak merapal, menggelengkan kepala, atau mengucap amin dengan lantang. Saya menikmati, melihat kepercayaan manusia yang dibangun dengan rapi, membuat kita semua seolah memiliki alternatif untuk tenang. Seperti teman saya bilang, baca dulu 1000 buku, baru tulis 1 tulisan. Membaca akhirnya menjadi sebuah kegiatan menikmati, bukan berlaku. Dan saya pun sangsi bahwa jika benar kita terus menerus menikmati, kita tidak akan meninggalkan apa-apa sama sekali.

Bisa jadi, itu juga yang harus saya lakukan dalam spiritualisme. Karena jika kita berhenti menikmati dan mencoba untuk berlaku, mungkin saja ada proses menikmati yang sama sekali berbeda. Bukan berarti bodoh, namun berarti percaya.

Leave a Reply

