Orang yang yakin

Di dunia ini banyak sekali orang yang yakin. Orang-orang ini amat yakin, hingga dalam setiap pembicaraan mereka tidak berhenti meski satu detik untuk mencerna apa yang lawan bicaranya katakan. Orang-orang ini tidak akan pernah berubah, menggembung menjadi bola kesombongan yang keras dan kosong. Meski begitu, sangat menyedihkan karena banyak dari orang-orang ini adalah orang-orang baik. Beberapa orang yakin lainnya mencoba toleran. Mereka berusaha memikirkan segala masukan dan argumen dengan mencoba diam berdetik-detik. Namun rasa yakin yang justru memenuhi mereka. Akhirnya waktu mereka berdiam diri justru membuat keyakinannya sendiri berkembang biak dan melahap perihal dan nilai yang lawan bicara katakan.
Ketika berbicara dengan orang yang yakin, mereka akan menjawab dengan sebaliknya. Mereka cenderung menganggap saya sebagai angin berlalu, begitu juga orang-orang lainnya. Orang yang yakin mengidolakan orang yakin lainnya. Ia merasa jabatan itu segalanya, begitu pula umur dan pengalaman. Namun orang yang yakin bukanlah orang yang bijaksana. Orang yang yakin tenggelam dalam jabatan, mimpi, dan cita-cita, hingga lupa bahwa orang-orang di sekitarnya bisa jadi juga punya cita-cita. Orang yakin lainnya amat menghargai cita-cita teman-temannya. Tapi sayang, ia yakin cita-cita orang lain bisa didikte oleh keyakinannya. Orang yang yakin merasa bahwa segala sesuatu harus berjalan sesuai keyakinannya, sehingga segala upaya mempertanyakan keyakinannya akan dipersalahkan. Orang yang yakin terlihat menderita. Tapi ia yakin, ia akan meraih cita-cita.
Orang-orang yang yakin tidak suka memberi pujian atau mengatakan hal-hal positif tentang seseorang. Orang yang yakin suka memimpin, dan percaya bahwa keputusan-keputusan yang ia buat adalah yang terbaik. Orang yang yakin mendominasi segala hal. Orang yang yakin tidak sopan, atau menghargai batas-batas seseorang. Mereka jarang bertanya pada dirinya sendiri apakah hal yang mereka bicarakan memang menarik atau terpaksa didengarkan. Orang yang yakin, yakin betul bahwa dirinya bisa dipercaya. Orang yang tidak yakin akan mempercayai orang yakin. Namun orang yang yakin tidak akan pernah mempercayai orang yang tidak yakin. Orang yang yakin berpikir sederhana. Mereka yakin pikirannya lebih rumit dari pikiran orang-orang lainnya
Orang yang yakin tidak toleran. Orang yang yakin adalah musuh dari orang-orang bebas. Orang yang yakin akan selalu berkuasa di atas orang – orang bebas. Orang yang yakin mudah untuk menjadi sukses. Mereka yakin akan keinginan mereka sehingga seringkali melangkahi orang bebas dengan cepat. Orang-orang yang yakin selalu menemukan posisi, cara atau alasan untuk menghentikan kebebasan. Karena mereka yakin orang bebas melakukan hal-hal dengan salah. Kadang orang bebas marah terhadap orang-orang yang yakin. Karena orang-orang yang yakin selalu mencoba mengurung orang-orang bebas. Tapi kadang orang-orang bebas merasa iba pada orang-orang yakin. Karena keyakinan mereka selalu berhasil mengurung mereka sendiri.
Orang yang yakin akan marah membaca cerita tentang orang-orang yang yakin. Tapi hanya orang yang yakin yang bisa menulis cerita tentang orang-orang yang yakin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s