Sebuah keputusan (dalam berna)

Autumna, apakah kamu tahu kenapa ia menamakan aku berna?

Menamakanmu? Kau selalu berna bagiku. Semenjak pertama kali aku mengenalmu.

Tidak. Aku tidak selalu ada. Aku adalah wujud tulisan dia.

Apakah aku juga?

Kamu berbeda.

Maksudmu?

Kamu, autumna, adalah dirinya. Yang tidak menulis tapi melukis. Yang menantiku. Kodratmu seperti itu.

Bisakah aku meminta takdir yang lain, berna?

Tidak bisa. Karena kamu adalah dirinya. Dan aku. Aku yang ia sebut berna. Datang dari nama seorang wanita.

Jadi dia juga memiliki berna nya sendiri?

Ya.

Apakah berna nya mencintai orang lain?

Aku pun tidak tahu. Karena ia tidak tahu. Tapi mungkin ada.

Mungkin ada?

Ya. Mungkin ada. Kau tahu, kisah ia lebih berat darimu. Karena meskipun aku, berna yang tidak mencintai kamu, autumna. Kamu bisa menemuiku. Bisa melihat wajahku.

Ia tak bisa menemui berna nya?

Tidak. Dan berna nya bebas menemui estiv nya. Estiv ada di hari hari berna nya. Dan ia tidak.

Lalu apa guna dirinya?

Tidak ada.

Namun dia menyayangi berna nya?

Seperti kau menyayangi aku.

Dan berna nya tidak mencintainya?

Seperti aku tidak menyayangimu.

Lalu kenapa namamu berna?

Agar sedikit mengingatkan. Sebuah nama yang dipendekkan.

Lalu apa yang membuatmu pantas menjadi berna?

Karena kisah kita. Karena pembicaraan kita waktu itu.

Sewaktu kau memilih estiv?

Sewaktu aku berkata. Bahwa aku dan kamu telah cukup disini saja. Tidak menjadi apa apa.

Sewaktu aku menahan rasa sakit yang luarbiasa?

Sewaktu dirinya pun hanya tersenyum pada berna nya?

Mengapa ia hanya tersenyum? Bukankah sakit hati nya tidak terkira?

Karena berna nya bahagia. Dan itu yang penting baginya.

Itu saja.

Leave a Reply

