Adegan 2: Lukisan Putih

Seorang pria, autumna, melukiskan kanvas nya. Berna-yang-gelisah (orang yang berbeda dengan Berna-yang-mencari). Menceritakan kekhawatiran, mengitari ruangan tanpa arah pasti.

 

Autumna: kamu tidak sepantasnya menemui dia sama sekali.

Berna-yang-gelisah: kamu bisa menemuiku! Mengapa begitu? ini bukan waktu ku, juga bukan waktu mu, ini waktu estiv. Tapi kamu bisa menemuiku.

Autumna: karena kita berseberang.

Berna-yang-gelisah: jadi dunia ini yang tidak membiarkan aku dan dia bersatu?

Autumna: mungkin juga vernili.

Berna-yang-gelisah: (terdiam)

Autumna: ini semua rumit.

Berna-yang-gelisah: tidak. ini malang yang sederhana.

Autumna: kamu tidak sendirian.

Berna-yang-gelisah: (tertawa lemah) aku sendirian. Kita semua sendirian. kita hanya makhluk asing yang membicarakan bersama.

(Terdiam)

Berna-yang-gelisah: sebaiknya aku….

Autumna: selesai! (menunjukkan lukisan pada  Berna. Lukisan itu adalah hamparan salju luas, orang orangan salju, gunung gunung putih)

Berna-yang-gelisah: ini aku?

Autumna: selalu dirimu.

Berna-yang-gelisah: kau harus hentikan melankoli mu, kau tahu?

Autumna: bagaimana bisa? Manusia mencintaiku karena yang berguguran. Sudah sepantasnya aku terus jatuh.

Berna-yang-gelisah: seperti cinta?

Autumna: seperti juga cinta. Jatuh sebagaimana setiap bentuk jatuh. Terjerembab. Luka luka….

(lights off)

….Penuh sakit.

 

(Lukisan dihancurkan di panggung. Dengan palu dan/atau gunting, menimbulkan suara yang bisa terdengar penonton)

 

(lights on)

(Autumna memegang palu dan gunting. Ia orang yang berbeda)

Berna-yang-gelisah: Apakabar autumna?

Autumna-yang-kecewa: jangan seolah aku baru datang. Aku tetap autumna.

Berna-yang-gelisah: Aku tahu, sahabatku.

Autumna-yang-kecewa: hh.. sahabat (membuang palu dan gunting, meninggalkan ruangan)

(lights off)

Leave a Reply

